Jumat, 09 Desember 2011

HardDisk

HardDisk atau harddisk drive disingkat HDD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4MB.
HDD zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750GB. Kapasitas terbesar HDD saat ini mencapai 3TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Data yang disimpan dalam Harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya kini HDD secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. HDD kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB atau pun FireWire.
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, HDD bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

Berikut Beberapa Komponen Harddisk :
Platter, sebuah piringan berbentuk bulat sebagai penyimpan data.
Spindle, tempat melekatnya platter. Spindle motor sebagai penggerak platter.
Head, sebagai read and write. Setiap piringan memiliki dua head.
Ketika PC sedang hidup/beroperasi sebaiknya tidak terjadi guncangan, karena head dapat bergesekan dengan piringan yang dapat merusak kedua komponen.
Logic Board, papan pengoprasian.
Actual Axis, poros/pegangan head.
kabel Ribbon, pengubung antara head dan logic board.
Power Conector, merupakan conector arus untuk PSU.
Jumper, untuk Jenis HDD SATA biasanya tidak perlu di jumper lagi, fungsinya untuk menentukan kedudukan HDD itu( master or slave).

HDD yang biasa dipergunakan terdapat beberapa jenis antara lain IDE, ATA, SATA, SCSI. Untuk penjelasannya silahkan baca postingan saya sebelumnya DISINI.
Mungkin anda juga ingin tahu mitos-mitos seputar harddisk silahkan anda baca DISINI.

Semoga Bermanfaat.!

Judul: HardDisk
Rating: 100% based on 84843 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sabo Tase™

Terima Kasih Anda sudah membaca artikel "HardDisk" yang di terbitkan pada hari Jumat, 09 Desember 2011 jam 04.24 dan diulas oleh Sabo Tase™. Anda berhak menyebarluaskan artikel HardDisk ini, tetapi mohon sertakan link sumber dari blog ini. Semoga saja dengan adanya artikel tentang HardDisk yang ada di Blog Bisnis Online JoMeluMelu ini bisa berguna bagi Anda khususnya Saya pribadi.

Label:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar