Rabu, 25 April 2012

Tanya Jawab Seputar SEO

Tanya Jawab Seputar SEO

1. Apa itu Search Engine Optimization (SEO) ?

Search Engine Optimization adalah suatu seni untuk membuat website Anda menempati urutan teratas dari mesin-mesin pencari seperti Google, Yahoo & MSN.

2. Bagaimana caranya website saya menduduki halaman 1 di search engine ?

Search Engine memiliki algoritma tersendiri untuk menampilkan rangkaian datanya jika kita melakukan suatu pencarian. Cara untuk membuat website kita tampil di halaman 1 di search engine, bahkan menjadi no 1, di kata kunci (keyword) yang kita inginkan, adalah menggunakan suatu teknik yang dinamakan Search Engine Optimization (SEO).
SEO membuat website Anda dapat menempati urutan teratas dari mesin-mesin pencari seperti Google, Yahoo & Bing.

3. Apa Keuntungan Saya Jika Menggunakan SEO ?

Dengan menggunakan SEO, Anda akan dapat mendatangkan trafik atau pengunjung tertarget ke website Anda. Maksudnya trafik tertarget adalah pengunjung yang memang sedang mencari produk atau servis yang Anda tawarkan.

Sebenarnya dengan SEO, Anda akan mendapatkan trafik 4 kali lebih banyak dari trafik berbayar dan mendapatkan konversi 4x lebih tinggi dibandingkan Iklan-iklan Pay Per Click seperti Google Adwords.

Selain itu, website Anda juga akan terlihat sebagai situs yang memiliki kekuasaan dan memegang peranan penting di bidang industri tersebut. Ini bagus sekali untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung.

4. Berapa lama di butuhkan untuk bisa naik dengan bagus di mesin pencari (google)?

Google mempunyai sebuah kriteria yang dinamakan [url=Page Rank Tool Bar[/url]. Ketika situs Anda masih baru, Page Rank Anda adalah Nol. Frekwensi kunjungan robot Google ke sebuah situs sangat bergantung pada Page Rank dari sebuah website.

Semakin tinggi Page Rank, maka semakin cepat website tersebut terindex, contohnya adalah berita paling baru, seperti Swine Flu, Anda akan dapat langsung melihat banyak sekali berita dari CNN. Ini bisa terjadi karena Page Rank website utama mereka adalah PR8 atau 9.

Biasanya jika Anda melakukan teknik SEO yang benar, Anda akan dengan mudah melihat kemajuan yang luar biasa dari website ranking Anda dalam waktu 1 bulan.

Menaikkan ranking suatu website hanya dalam 7 hari saja bisa terjadi jika website Anda termasuk yang sudah terindex, setidaknya 6 bulan. Kalau website baru, pasti akan lebih sulit.

5. Bagaimana memilih kata kunci yang benar?

Ada sebuah perbedaan utama antara pemasar online & offline:
Pemasar Offline biasanya menbuat produk/jasa lalu mencari pasar mereka.
Pemasar Online berbeda, mereka melihat apa yang orang cari dan target kata kunci yang memiliki kebutuhan paling besar.

Untuk mengetahui jumlah pasti dari hasil pencarian, Anda dapat menggunakan alat dari Google sebagai berikut:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Bagi pemain SEO, relatif mudah mendapatan tingkat no.1 untuk kata kunci dengan pencari rendah tetapi menjadi makin sulit bagi keyword/kata kunci yang banyak pesaing, seperti kata kunci yang berhubungan dengan Properti, Asuransi.

Tentu saja, keyword yang bagus adalah keyword dengan pencarian tinggi tetapi persaingannya kecil.

6. Apa yang mempengaruhi ranking dari situs Saya?

Ranking situs Anda tergantung pada jumlah links/tautan yang mengarah pada website Anda dengan kata kunci yang relevan. Tentu saja Google akan memberi poin lebih tinggi jika Anda mendapatkan link dari industri yang relevan/ sejenis.

Ini juga tergantung pada kualitas dari backlinks. Ketika Saya mengatakan kualitas, artinya PR dari backlinks pada halaman dimana link Anda ditempatkan.

Tidak semuanya tergantung pada PR dari halaman dimana link Anda berada.
Selain itu sangat tergantung pada link yang keluar dari halaman.

Contoh
PR5 Link. 100 link yang keluar. Poin link yang melewati Anda = 5/100 = 0.05
PR 1 Link, 2 link yang keluar. Poin link yang melewati Anda = 2/1 = 0.50

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mencari website dengan PR tinggi yang idealnya adalah dengan sedikit outgoing link.
Judul: Tanya Jawab Seputar SEO
Rating: 100% based on 84843 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sabo Tase™

Terima Kasih Anda sudah membaca artikel "Tanya Jawab Seputar SEO" yang di terbitkan pada hari Rabu, 25 April 2012 jam 22.37 dan diulas oleh Sabo Tase™. Anda berhak menyebarluaskan artikel Tanya Jawab Seputar SEO ini, tetapi mohon sertakan link sumber dari blog ini. Semoga saja dengan adanya artikel tentang Tanya Jawab Seputar SEO yang ada di Blog Bisnis Online JoMeluMelu ini bisa berguna bagi Anda khususnya Saya pribadi.

Label: ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar